EvidatoX Merupakan Blog Yang Berisikan Informasi Informasi Menarik Seputar Bisnis, Fashion, Teknologi, Lifestyle, Properti

Senin, 10 Juli 2017

Lima Langkah Sebelum Renovasi Rumah

Melakukan renovasi rumah adalah salah satu hal yang krusial dan memerlukan berbagai persiapan. Tentunya, Anda ingin hasil yang sempurna agar rumah Anda bisa menjadi lebih baik lagi setelah melakukan renovasi tersebut. Namun, tidak akan menjadi sempurna jika tidak ada persiapan yang matang. Karenanya Anda perlu mengetahui apa saja langkah dalam melakukan renovasi rumah.

1.    Tentukan Budget dan Timeline

Hal pertama yang harus dilakukan pada saat awal adalah menentukan bujet untuk proyek renovasi rumah Anda. Jika Anda melewati tahap ini, tentu akan sangat besar kemungkinan anggaran yang dikeluarkan akan jauh lebih besar dari apa yang telah dipersiapkan. Selanjutnya, tentukan timeline renovasi yang akan dilakukan. Hal ini agar tidak terjadi penundaan dan renovasi dapat selesai tepat pada waktunya. Jika Anda membuat timeline dengan baik, maka Anda bisa mengontrol progres yang sudah terjadi sampai mana.
Catat dengan baik setiap uang yang Anda keluarkan untuk proses renovasi ini. Anda bisa mencatatnya di buku tulis yang kosong atau bisa mencatatnya dengan bantuan komputer. Kunci yang paling penting adalah Anda terus melakukan pembaharuan setiap ada pengeluaran, jangan ada yang terlewat. Kumpulkan setiap nota, struk atau kuitansi di dalam satu kantung atau tas kecil agar tidak tercecer. Menyimpan bukti pembayaran juga akan membantu jika Anda ingin menukarkan barang, meminta garansi atau hal lainnya.

2.    Tentukan Kebutuhan dan Gaya Hidup
Menentukan apa yang diinginkan dan apa yang dibutuhkan adalah salah satu hal yang sulit. Dengan menuliskan prioritas kebutuhan Anda adalah salah satu cara yang bisa membantu Anda. Tulislah hal-hal yang akan Anda lakukan dalam satu ruangan. Misalnya dalam ruang keluarga, Anda ingin bisa bermain musik di sana, atau mungkin anak Anda ingin bermain di sana. Lakukan hal ini Bersama dengan keluarga Anda dan buat urutannya dari yang terpenting. Jika ada dengan jelas catatan prioritas kebutuhan Anda, maka mengatur furnitur dan beberapa aksesoris akan jauh lebih mudah.

3.    Buang dan Simpan

Berdasarkan catatan yang telah Anda buat, tentukan lagi barang-barang apa saja kah yang sudah tidak dipakai lagi. Dengan membereskan barang-barang tersebut, maka ruangan Anda akan semakin luas. Tidak harus selalu membuangnya ke tempat sampah atau memberikannya kepada keluarga dan kerabat, Anda juga bisa menghasilkan uang dari barang-barang yang sudah tidak terpakai lagi dengan menjualnya di internet.

4.    Gambar Sketsa Baru

Jika dalam proyek renovasi rumah Anda cukup besar dan membuat Anda perlu memindahkan posisi atau bahkan membeli beberapa furnitur dan peralatan elektronik yang baru, maka langkah yang satu ini tidak boleh Anda lewatkan begitu saja.
Gambarlah sketsa ruangan yang akan direnovasi tersebut dengan perhitungan ukuran yang tepat dan benar. Tentu ini sangat diperlukan agar ketika Anda membeli furnitur baru, ukurannya tidak salah sehingga dapat diletakkan sesuai dengan rencana awal. Namun juga ini tidak kalah penting jika Anda ingin mengubah suasana dengan memindahkan beberapa furnitur. Ada jarak-jarak tertentu yang perlu diperhatikan. Misalnya, jarak antara sofa dengan meja di depannya minimal adalah 45 cm, karena jika kurang akan membuat kesulitan saat bergerak.

5.    Mulai dari yang Besar
Jangan terbalik seperti yang dilakukan oleh banyak orang, mulailah dari yang besar terlebih dahulu, baru dilanjutkan dengan hal-hal kecil seperti aksesoris dan ornamen.

Temukan Furnitur

Anda termasuk orang yang beruntung jika langsung menemukan furnitur yang Anda inginkan dan bisa langsung dibeli. Kebanyakan furniture membutuhkan waktu beberapa minggu untuk bisa Anda bawa pulang. Jika memang furnitur tersebut tidak tersedia, Anda bisa mengambil sampel warnanya untuk bisa dicocokkan dengan ruangan tersebut.

Lalu, Dinding
Menggunakan cat dinding memang akan jauh lebih hemat, namun menggunakan wallpaper yang sedikit lebih mahal dapat tahan jauh lebih lama. Anda akan jauh lebih mudah menentukan warna tembok setelah Anda mengetahui isi dari ruangan itu sendiri, bukan sebaliknya.

Terakhir, langit-langit
Setelah menentukan warna tembok, maka Anda bisa memilih warna untuk langit-langit Anda. Warna putih bersih adalah pilihan yang baik untuk dipadukan dengan warna lainnya.

Aksesoris

Setelah bagian yang besar telah selesai, maka sekarang bagian aksesoris kecil untuk mempercantik ruangna Anda. Tambahkan lampu hias kecil, karpet bermotif, atau hanya sekadar hiasan dinding.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Categories