EvidatoX Merupakan Blog Yang Berisikan Informasi Informasi Menarik Seputar Bisnis, Fashion, Teknologi, Lifestyle, Properti

Kamis, 15 Juni 2017

Meraih Kesuksesan di Usia Muda

Hidup sukses mungkin sudah menjadi impian semua orang. Namun banyak yang belum bisa mencapai kesuksesan di usia muda.

Nah, seperti dilansir dari DuitPintar.com, jika kamu bisa mengatur hidup dan keuangan dengan baik, di usia 30-an kamu bisa meraih delapan sukses ini. Apa saja ya?

1. Mandiri finansial

Di usia 30-an mestinya kamu sudah harus mandiri secara finansial. Nggak lagi bergantung pada orang lain misalnya sama orangtua. Kamu bisa kok menambah sumber pendapatan selain dari penghasilan tetap sebagai karyawan. Ingat, tuntutan hidup ke depan makin berat lho. Nggak ada lagi waktunya bersantai.

2. Mengelola keuangan dengan baik
Sebesar apapun penghasilan kamu, bakal sia-sia kalau nggak bisa mengaturnya dengan baik. Di usia 30-an, kamu harus bisa menyisihkan penghasilan bulanan kamu dengan cerdas ya. Nabung itu penting lho kalau nggak mau amsyong. Kamu harus punya target dan nggak ada lagi cerita tiga koma. Setiap tanggal tiga keuangan kamu sudah koma.

3. Punya tabungan dan dana darurat

Di usia 30-an kamu harus berpikir matang ya. Dana untuk tabungan itu bukan mengais-ngais dari sisa gaji di akhir bulan. Tapi harus disisihkan sejak awal. Bisa kacau jika cara berpikirnya terbalik. Kalau gaji nggak ada sisa, nggak nabung dong? Menentukan jatah untuk ditabung penting lho. Kamu nggak bakal deh tepok jidat atau mengelus dada karena kerja keras puluhan tahun nggak jelas hasilnya gara-gara nggak punya tabungan. Masak cuma dapet stres dan capek doang sih.

4. Jangan menumpuk utang

Dalam hidup, wajar saja punya utang. Tapi jangan sampai utang membelit kamu. Prinsipnya, kalau mau berutang ya harus disiplin juga membayarnya. Jangan ditumpuk sampai menggunung.  Akibatnya, hasil kerja keras kamu hanya numpang lewat lho. Habis untuk membayar utang. Di usia 30-an sudah bukan masanya lagi spot jantung gara-gara mikirin utang.

5. Properti pribadi

Di usia 30-an kamu sudah bisa membeli properti sendiri. Buat kamu yang sanggup bayar lunas, jangan ditunda deh. Sebaliknya, yang belum sanggup, bisa nyicil. Nggak perlu properti yang besar. Sesuaikan saja dengan kemampuan kamu. Yang penting kamu harus ingat poin keempat. Kredit sama dengan utang lho. Mulai cari tahu deh gimana strategi memiliki rumah atau apartemen idaman sebelum harganya naik.

6. Berinvestasi

Umumnya, orang nggak mau pusing dengan investasi. Mereka hanya fokus pada tabungan yang dimiliki. Jangan salah, investasi adalah elemen penting keuangan lho. Bentuknya bisa macam-macam. Ada reksa dana, emas atau saham. Di usia 30-an, mestinya kamu setidaknya punya satu jenis investasi. Berinvestasi itu nggak perlu besar-besar banget, yang masuk akal saja. Menyisihkan 10% dari penghasilan bulanan buat investasi juga sudah cukup.

7. Siapkan asuransi

Kita nggak pernah tahu kapan musibah itu bakal datang. Nah untuk menyiasatinya, kamu mesti memikirkan cara meminimalisir risiko. Asuransi bisa menjadi salah satu cara jitu lho. Apalagi jika kamu sebagai tulang punggung keluarga, penting banget tuh punya asuransi. Nggak ada salahnya kan memiliki proteksi diri, termasuk untuk orang-orang yang dicintai? Oh ya, asuransi untuk harta berharga kamu juga penting lho.

8. Pensiun dini? Kenapa nggak

Di usia 30-an, kamu sudah mesti memikirkan dana pensiun. Jangan tunggu sampai usia menua dan fisik melemah. Kan lebih enak pensiun di usia lebih muda sehingga bisa menikmati hidup tanpa perlu bekerja lagi. Saat ini sudah banyak bank dan lembaga keuangan yang nawarin produk-produk investasi khusus untuk persiapan dana pensiun. Waktu gak akan bisa kita putar kembali, jadi jangan sampai menyesal dikemudian hari. Lakukan apa yang bisa kita lakukan di masa sekarang, saat fisik masih sehat, kuat serta produktif.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Categories